JAKARTA-Bulog hadir ditengah masyarakat dengan menyelenggarakan acara Bulog Fun Morning dan Launching “Bella”. Kegiatan ini dilaksanakan di CFD FX Sudirman sebagai salah satu wujud transformasi Bulog untuk mendekatkan diri kepada masyarakat dengan mengajak masyarakat agar lebih mengenal Perum BULOG lebih dekat lagi.
Adapun salah satu kegiatan utama yang diselenggarakan yaitu Launching “Bella”. Ada juga kegiatan tidak kalah serunya yaitu Zumba bersama, Demo Masak dan Kids Activity Giling Gabah. Dan acara ini langsung dihadiri oleh Direktur Bisnis, Ibu Febby Novita, dalam acara ini beliau menyampaikan terkait peluncuran “Bella”, bahwa “Bella” akan berfungsi sebagai satu-satunya hotline yang dapat dihubungi masyarakat untuk berbagai kebutuhan.
Nama “Bella” dihadirkan agar seluruh masyarakat Indonesia tidak bingung dan hanya perlu menghubungi satu nomor saja yaitu 08111967016. “Bella” dirancang untuk menjadi sosok yang dapat membantu masyarakat dengan berbagai pertanyaan dan kebutuhan terkait Bulog.
Tidak hanya untuk pertanyaan seputar produk atau layanan, hotline ini juga menyediakan informasi mengenai transformasi Bulog, proses rekrutmen, serta operasional Bulog. Masyarakat juga dapat memberikan masukan, mengajukan komplain, atau menyampaikan apresiasi melalui layanan ini. Jadi tidak cuma jualan, tetapi juga tentang bagaimana transformasi Bulog, lalu juga tentang recruitment, tentang operasional Bulog, dan tentang apapun.
Dengan adanya Bella, Bulog berharap dapat meningkatkan keterbukaan dan interaksi dengan masyarakat, serta mendukung proses transformasi yang sedang berlangsung di perusahaan. Sekarang Bulog itu terbuka karena kita sedang bertransformasi, dengan peluncuran Bella merupakan langkah penting dalam upaya Bulog untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan lebih terintegrasi.
Kami baru pertama kali memiliki hotline, dan sebelumnya memang belum ada nama. Oleh karena itu, kami sosialisasikan nama baru ini mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi dan layanan Bulog secara efisien.
Disamping itu Bu Febby juga memperkenalkan salah satu produk komersial Bulog. Mungkin teman-teman disini lebih mengenal beras Bantuan Pangan dan SPHP ya. Nah disini, dari sisi komersial, banyak masyarakat mungkin belum mengenal bahwa beras komersial ini sudah menyebar di masyarakat, cuma belum dikenal. Kita memmperkenalkan produk beras terbaru Perum Bulog, yaitu Punokawan. Punokawan adalah brand khusus yang berasal langsung dari pabrik Bulog. Beras ini diproses di sentra penggilingan padi Bulog, dari gabah yang diambil langsung dari sawah. Punokawan ini khusus, berasal dari pabrik penggilingan Bulog sendiri. Kami membeli gabah dari sawah, membawanya ke sentra penggilingan, dan memprosesnya menjadi beras Punokawan.
Produk ini sudah tersedia di beberapa daerah seperti Subang dan Karawang di Jawa Barat, Kendal dan Seragen di Jawa Tengah, serta Magetan, Jember, Banyuwangi, Bondowoso di Jawa Timur. Punokawan juga sudah hadir di Sumbawa dan Lampung.
Kami cukup terkejut dengan responsnya. Di Sumbawa, misalnya, beras ini laku cepat dalam waktu dua minggu. Keunggulan Punokawan antara lain tidak menggunakan pemutih, pulen, dan diproduksi dari petani Indonesia. Taste-nya juga disesuaikan dengan selera orang Indonesia. Namun, kami juga mempertimbangkan selera lokal. Di Sumatra, seperti Riau dan Padang, itu dia nggak mau yang pulen. Dia maunya pera-pera gitu.
Febby juga menjelaskan bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk mengembangkan brand baru jika diperlukan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas dan konsistensi Punokawan, sambil memastikan bahwa preferensi lokal juga diperhatikan. Kita lihat saja nanti apakah mungkin pengembangan kita akan bikin brand satu lagi supaya ada peranya.