Perum BULOG adalah Badan Usaha Milik Negara yangseluruh modalnya dimiliki negara berupa kekayaan negarayang dipisahkan dan tidak terbagi atas saham. Kepemilikan modal oleh Negara diwakili oleh Menteri yang ditunjuk dan atau diberi kuasa untuk mewakili Pemerintah selaku Pemilik Modal, dalam hal ini Menteri BUMN.
Pemilik Modal pada dasarnya mempunyai hak sebagai berikut:


Rapat Pembahasan Bersama (RPB) dalam perusahaan terdiri dari RPB Tahunan dan RPB Luar Biasa. Pelaksanaan RPB Tahunan diselenggarakan antara lain untuk menyetujui/mengesahkan Laporan Tahunan Perusahaan, Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) serta Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP).

Selama tahun 2018, RPB telah dilaksanakan sebanyak 2 (dua) kali, yaitu:
  1. RPB pada tanggal 22 Januari 2018, dipimpin oleh wakil pemilik modal dalam hal ini Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMNdan dihadiri oleh Dewan Pengawas serta Direksi besertajajarannya. Adapun keputusan RPB antara lain Menyetujui/mengesahkan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) Tahun 2018 termasuk RKA DewanPengawas dan RKA Program Kemitraan dan BinaLingkungan tahun 2018.
  2. RPB pada tanggal 23 April 2018, dipimpin oleh wakil pemilik modal dalam hal ini Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN dan dihadiri oleh Dewan Pengawas serta Direksi beserta jajarannya. Adapun keputusan RPB antara lain Menyetujui Laporan Tahunan Perusahaan mengenai keadaan dan jalannya Perusahaan selama Tahun Buku 2017, termasuk Laporan Tugas Pengawasan DewanPengawas selama Tahun Buku 2017.

Selama tahun 2019, RPB telah dilaksanakan sebanyak 2 (dua) kali, yaitu:
  1. RPB pada tanggal 04 Januari 2019, dipimpin oleh wakil pemilik modal dalam hal ini Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN dan dihadiri oleh Dewan Pengawas serta Direksi besertajajarannya. Adapun keputusan RPB antara lain Menyetujui/mengesahkan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) Tahun 2019 termasuk RKA DewanPengawas dan RKA Program Kemitraan dan Bina Lingkungan tahun 2019.
  2. RPB pada tanggal 10 April 2019, dipimpin oleh wakil pemilik modal dalam hal ini Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN dan dihadiri oleh Dewan Pengawas serta Direksi beserta jajarannya. Adapun keputusan RPB antara lain Menyetujui Laporan Tahunan Perusahaan mengenai keadaan dan jalannya Perusahaan selama Tahun Buku 2018, termasuk Laporan Tugas Pengawasan Dewan Pengawas selama Tahun Buku 2018.