Title - Bulog Dan Kadin Sinergi Jaga Ketahanan Pangan

Bulog Dan Kadin Sinergi Jaga Ketahanan Pangan

SOLO, 27 NOVEMBER 2018 - Perusahaan Umum (Perum) BULOG menandatangani Nota Kesepahaman dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) terkait Penyediaan dan Pendistribusian Komoditas Pangan Pokok. Penandatanganan tersebut diwakili oleh Direktur Komersial Perum BULOG, Judith Jubilina Dipodiputro, bersama Ketua Umum Kadin, Rosan P. Roeslani, di Alila Hotel Solo, Rabu (27/11/2018).

Direktur Komersial Perum BULOG, Judith Jubilina Dipodiputro mengatakan, melalui kerjasama tersebut, BULOG secara resmi bersinergi dengan Kadin Indonesia untuk setiap kegiatan penyediaan maupun pendistribusian komoditas pangan ke seluruh wilayah Indonesia.

"Dengan MoU ini, mulai sekarang, jika BULOG ingin melakukan pendistribusian, Kadin di daerah bisa langsung dilibatkan. Melalui jaringan yang dimiliki BULOG maupun Kadin, pangan bisa langsung sampai ke konsumen dengan cepat dan harga lebih murah," kata Judith.

Menurutnya, sinergi BULOG dan Kadin juga telah direstui oleh Presiden Joko Widodo. Pada prinsipnya, BULOG memperluas jejaring yang menyentuh konsumen langsung, sehingga masyarakat tidak kesulitan mendapatkan komoditas pangan dengan harga terjangkau dan berkualitas.

"Partisipasi aktif Kadin akan membantu memotong birokrasi dan mata rantai pasok panjang yang selama ini menimbulkan permasalahan harga di level konsumen," ungkapnya. Kerjasama ini memastikan adanya pemutusan mata rantai panjang dalam distribusi pangan yang selama ini mempengaruhi harga.

Adapun dampak dari nota kesepahaman ini adalah terjaganya ketersediaan pasokan pangan dan stabilitas harga pangan.

"Kami akan mengawal kelancaran implementasi nota kesepahaman ini di lapangan. Perum BULOG Divisi Regional dan Sub Divisi Regional akan menjadi ujung tombak dalam implementasi kerjasama ini", tegas Judith.

Sementara, nota kesepahaman ini diharapkan menjadi titik tolak sinergi antar KADIN dan BULOG, sebagai langkah nyata untuk menjaga ketahanan pangan. Upaya ini diharapkan benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat sampai di tingkat bawah.

Solo, 27 November 2018
Humas Perum BULOG

AddThis Social Bookmark Button