Tanggap Darurat Gempa Aceh

“BUMN Hadir Untuk Negeri”
Tanggap Darurat Gempa Aceh
Perum BULOG Mendirikan Posko Darurat, Dapur Umum dan Menyerahkan Bantuan senilai 200 Juta



Bencana alam gempa yang terjadi di Aceh menjadi duka bersama masyarakat Indonesia. Ratusan masyarakat mengalami kerugian material maupun non material. Kali ini bencana gempa terjadi di kawasan Pidie Jaya dengan kekuatan 6,5 pada skala Richter.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di 18 kilometer sebelah timur laut Kabupaten Pidie Jaya dengan kedalaman 10 kilometer.
BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) mencatat 136 orang korban luka berat, 616 orang luka ringan, serta 99 orang tewas dan 1 orang hilang. Selain itu, sebanyak 3.267 orang mengungsi.

Dalam kesempatan kali ini Perum Bulog ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai salah satu Koordinator “BUMN Hadir Untuk Negeri” untuk Tanggap Darurat Gempa Aceh dan Rehabilitasi Pasca Gempa Aceh. Perum Bulog dan 5 BUMN lainnya akan bekerja sama dengan pihak BPBA (Badan Penanggulangan Bencana Aceh) serta pihak terkait lainnya di Kabupaten Pidie Jaya, Banda Aceh dalam pengumpulan dan pendistribusian bantuan yang dibutuhkan kepada korban bencana.

Pada Hari Rabu, 07 Desember 2016 Perum BULOG mendirikan Posko Darurat dan menyediakan Dapur Umum di Komplek Pergudangan GBB Dayah Timu, jalan Banda Aceh-Medan KM 148, kecamatan Meureude, kabupaten Pidie Jaya. Perum Bulog melalui Kantor perwakilan Sub Divisi Regional Sigli bekerja sama dengan aparatur TNI, telah menyiapkan bantuan bahan pokok untuk keperluan dapur umum berupa beras, mie instan dan gula. Bantuan tersebut disediakan bagi para relawan bencana dan warga yang terdampak.

Selain itu Perum BULOG sudah berkoordinasi secara intensif dengan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah dan Dinas terkait di Banda Aceh dan Kabupaten Pidie Jaya untuk menyiapkan penyaluran Beras Cadangan Beras Pemerintah yang digunakan untuk penanggulangan bencana alam tersebut.

Sekretaris Perusahaan Perum Bulog Djoni Nur Ashari menuturkan, “Setiap kali terjadi musibah, kegiatan seperti ini dilaksanakan sebagai rasa simpati dan kepedulian Manajemen dan seluruh Karyawan Perum BULOG kepada saudara-saudara kita yang tertimpa musibah, yang pada saat ini terjadi di Provinsi Aceh. Perum BULOG mensinergikan program BUMN Hadir Untuk Negeri ini dengan program Perum BULOG Peduli yang merupakan bagian dari program Bina Lingkungan Perum BULOG dalam memberikan bantuan tanggap darurat bagi warga terdampak bencana gempa di Aceh.”
Hari Kamis (08 Desember 2016), Kantor Pusat Perum BULOG akan mengirimkan Paket bantuan berupa bahan makanan, tenda / terpal, perlengkapan dapur dan kebutuhan yang diperlukan lainnya senilai 200.000.000 (Dua ratus Juta Rupiah), dan akan bertambah seiring dengan bantuan yang dikumpulkan dari sumbangan BUMN lainnya.



Jakarta, 08 Desember 2016
Bagian Humaslem. Perum BULOG
Muhson 082135094409
Andes Masyri 081294644241
Taufiq Septian 08562217650

AddThis Social Bookmark Button