Rumah Pangan Kita Gandeng Koperasi Jasa Tetap Setia

Jakarta, 19/10. Pada hari ini, Rabu, 19/10, Perum Bulog menggandeng Koperasi Jasa "Tetap Setia" Persatuan Keluarga Besar Purnawirawan Polri (PP Polri) untuk mengembangkan Rumah Pangan Kita (RPK) yang didokumentasikan dalam Nota Kesepahaman (MoU) dan ditandatangani oleh Direktur Utama Perum Bulog, Djarot Kusumayakti dan Ketua Umum PP Polri, Drs. H. Bambang Hendarso Danuri, MM. di Kantor Perum Bulog, Jakarta.

RPK adalah sebuah program jaringan distribusi pangan alternatif dalam kerangka ketahanan dan kedaulatan pangan.

Dalam sambutannya pada acara penandatangan MoU tersebut, Djarot Kusumayakti menyampaikan bahwa program Rumah Pangan Kita menjadi salah satu program Perum Bulog untuk mendistribusikan pangan dalam penugasan menjaga stabilisasi harga nasional.

Djarot Kusumayakti menambahkan, "Sebelumnya BULOG melakukan distribusi pangan dengan menggandeng pelaku distribusi pasar yang sudah ada, yang tidak jarang tidak mempunyai visi yang sama dalam stabilisasi pangan. Untuk itu RPK diharapkan dapat dijadikan sebagai basis distribusi untuk stabilisasi semua komoditas pangan yang ditugaskan oleh Pemerintah kepada Perum Bulog".

Direktur Utama Perum Bulog berharap Koperasi Jasa "Tetap Setia" dapat menjadi salah satu pelopor koperasi yang bisa memperkuat perekonomian bangsa sebagaimana koperasi-koperasi di negara Skandinavia. Brand terkenal di dunia tidak jarang merupakan produksi koperasi.

Imam Subowo, Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Perum Bulog memulai presentasi sekaligus sosialisasi tentang RPK. "RPK bukan jaringan yg dimiliki oleh Perum Bulog, tetapi adalah milik masyarakat. Tetapi manajemen distribusi dan harga eceran tertinggi (HET) ditetapkan oleh Perum Bulog". Ditekankan oleh Imam, apabila ada RPK yang tidak mematuhi ketentuan HET, maka Perum Bulog tidak segan untuk menutup RPK tersebut.

Koperasi Jasa "Tetap Setia" memiliki perhatian yang cukup besar dalam program-program Perum Bulog khususnya RPK. Sebagai purnawirawan Polri, anggota Koperasi Jasa "Tetap Setia" konsisten untuk mengawal penugasan-penugasan Pemerintah.

Hal ini tercermin dalam sambutan yang diberikan Bambang Hendarso Danuri sekaligus menjawab tantangan Direksi Perum Bulog, “Kami akan tetap komitmen dan konsisten untuk mendukung kebijakan-kebijakan yang akan dikerjasamakan dalam program ini. Bukan hanya kepada anggota yang tinggal di asrama tetapi juga di luar asrama sampai dengan ke desa-desa.”

Dalam acara ini, ikut dihadiri oleh pengurus Koperasi Jasa “Tetap Setia” se-Jawa, Bali dan bahkan Aceh. Diharapkan dengan MoU ini maka ketersediaan, keterjangkauan dan stabilisasi pangan dapat terjaga.




Humas Perum BULOG Jln. Jend. gatot Soebroto Kav. 49 Jakarta Selatan Telp. 027 525 2209 ext. 2621

AddThis Social Bookmark Button