HPP Diumumkan, BULOG Siap Lakukan Penyerapan

Presiden Joko Widodo mengumumkan harga pembelian pemerintah (HPP) tahun 2015 untuk beras dan gabah setelah kunjungannya dalam rangka panen raya di desa Gabuswetan kabupaten Indramayu, pada18 Maret 2015.

Ditetapkannya Harga Pokok Pembelian melalui Inpres no 5/2015 tanggal 17 Maret 2015: GKP Rp.3.700/ kg di petani dan Rp.3.750/kg di penggilingan; GKG Rp.4.600/kg di petani, dan Rp.4.650,-/kg di Gudang BULOG serta Beras Rp. 7.300/kg di gudang BULOG.

Dengan dikeluarkannya inpres tersebut sebagai acuan pembelian HPP beras dan gabah petani yang akan dibeli oleh pemerintah melalui Perum BULOG.

Perum BULOG akan segera melakukan penyerapan gabah dan beras dari petani di seluruh Indonesia. Saat ini Perum BULOG telah melakukan persiapan-persiapan antara lain: Penyediaan space gudang di daerah sentra produksi, Penyiapan tenaga surveyor/petugas pemeriksa kualitas, penyediaan dana pengadaan (l/c), dan membentuk Satgas pembelian gabah/beras.

Penyerapan yang dilakukan Perum BULOG melalui mitra kerja, gabungan kelompok tani (Gapoktan), Unit Pengelolaan Gabah dan Beras (UPGB) yang dimiliki oleh Perum BULOG, serta Satgas (Satuan Tugas) pembelian gabah/beras untuk lebih banyak melakukan kegiatan penyerapan gabah dan beras langsung ke petani.

Sehari setelah pengumuman HPP tahun 2015, Perum BULOG langsung melakukan penyerapan beras dan gabah dari petani dengan membuka kontrak pengadaan beras dan gabah di seluruh wilayah Indonesia sejumlah 3.493,85 ton setara beras.

Penyerapan beras dan gabah ini telah dilakukan di beberapa Divre, antara lain Divre Sulawesi Selatan dan Barat sebanyak 1.860 ton, Divre Jawa Barat sebanyak 1431,35 ton, Divre Jawa Timur sebanyak 60 ton, Divre Lampung sebanyak 60 ton, Divre Papua dan Papua Barat sebanyak 45 ton serta Divre Aceh sebanyak 37,5 ton.


Jakarta, 20 Maret 2015
Humaslem Perum BULOG

AddThis Social Bookmark Button