Perum BULOG – Badan Pusat Statistik Sepakat Kerjasama Penyediaan dan Pertukaran Informasi

Jakarta, 24 Agustus 2007. Beragamnya data dan informasi tentang pangan dan indikator lainnya selama ini mendorong Perum BULOG dan Badan Pusat Statistik (BPS) sepakat untuk menjalin kerjasama penyediaan dan pertukaran informasi.

“Kerjasama ini lebih memberikan kepastian data dan informasi pangan yang selama ini beragam,” demikian penjelasan Direktur Perum BULOG Mustafa Abubakar pada acara penandatanganan kerjasama Perum BULOG di Jakarta (24/8).

Kerjasama tersebut meliputi penyediaan dan pertukaran informasi harga produsen gabah di tingkat petani, data harga konsumen beras, data produksi pangan, data kemiskinan serta data terkait lainnya yang diperlukan dalam rangka perencanaan dan pelaksanaan tugas publik yang dibebankan kepada Perum BULOG yaitu pengadaan dan distribusi pangan dalam negeri.

Sementara itu Rusman Heriawan selaku Kepala BPS yang hadir pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa kerjasama juga meliputi penyediaan data cadangan pangan pemerintah dan penyaluran beras kepada rumah tangga miskin serta pengendalian harga beras nasional. Lebih lanjut Rusman mengatakan bahwa ke depan data yang diumumkan Perum BULOG dan BPS tidak akan ada perbedaan. “Kerjasama ini sangat strategis karena akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi yang jelas dan pasti,” jelas Rusman.

Untuk kebutuhan tersebut Perum BULOG dan BPS akan membentuk jaringan sistem informasi bersama dengan membuka akses informasi baik di tingkat pusat hingga daerah.

Selain itu, secara khusus, Perum BULOG akan menyediakan dukungan fasilitas monitoring harga dan peralatan analisa mutu gabah dan beras, biaya survey peredaran beras tambahan, dan biaya lain oleh Perum BULOG bagi BPS dalam rangka meningkatkan kelancaran dan penyempurnaan monitoring harga produsen dan konsumen sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

Hadir pada acara tersebut, pimpinan BPS dan Direksi Perum BULOG, beserta para Kadivre Perum BULOG dari seluruh Indonesia.-im-

Sumber : Humas Perum BULOG

AddThis Social Bookmark Button