Divre Sultra Jalin Kesepahaman Dengan Kejati

Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Sulawesi Tenggara (Sultra) menjalin kerja sama dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra yang dituangkan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) terkait bantuan hukum bidang perdata dan tata usaha negara.

Penandatanganan MoU atau nota kesepahaman tersebut dilakukan antara Kepala Kejaksaan Tinggi Sultra, Andi Abdul Karim SH, dan Kepala Divre Bulog Sultra, Imran Abdullah, di Kendari, Rabu.

Imran Abdullah, mengatakan, MoU semacam ini akan sangat membantu pihaknya menyelesaikan masalah yang dihadapinya dengan pihak ketiga.

"Perum Bulog selaku BUMN dalam menjalankan usahanya selalu melibatkan pihak ketiga. Dan terkadang, terdapat kendala di lapangan dalam persoalan perdata dan TUN. Untuk itu, kami akan menggunakan jaksa pengacara negara untuk menghadapi pihak ketiga. Termasuk persoalan lainnya yang dihadapi Bulog," kata Imran.

Ia mengatakan, MoU ini dilakukan karena Bulog menyadari bahwa butuh pendampingan masalah hukum dari ahlinya, sehingga bantuan hukum ini bisa dilakukan didalam maupun diluar pengadilan nantinya.

"Karena banyak persoalan hukum yang tidak bisa dihindari oleh Bulog, yang perlu pendampingan dari pengacara negara. Upaya penandatanganan MoU ini merupakan tonggak awal dalam acuan program kerja 2013," ujarnya.

Kepala Kejari Sultra, mengatakan, sesuai UU No 16 tahun 2004 , kejaksaan sebagai jaksa dan pengacara negara berwenang memberi bantuan hukum kepada BUMN dan BUMD terhadap permasalahan perdata dan Tata Usaha Negara (TUN) yang dihadapi BUMN dan BUMD, termasuk dalam hal ini Bulog.

"Penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan kesekian kalinya diperpanjang, merupakan langkah nyata dalam peningkatan peran kelembagaan. Di Kejaksaan, terdapat tugas pokok bidang perdata dan tata usaha negara. Dalam kapasitas sebagai pengacara negara maka bisa mewakili Bulog ketika ada gugatan dari pihak lain. Kami juga bisa menjadi mediator ketika Bulog bermasalah dengan Instansi lain," tuturnya.

Untuk itu katanya, dengan MoU ini maka Kejaksaan Sultra akan memberikan bantuan hukum terkait pada persoalan Perdata dan TUN yang dihadapi Divre Bulog Sultra nantinya.


Sumber : Antara