Title - Bulog Subdivre Kediri Semarakkan Hari Jadi Provinsi Jatim

Bulog Subdivre Kediri Semarakkan Hari Jadi Provinsi Jatim

Perayaan hari jadi ke-67 Provinsi Jatim yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Kediri berlangsung semarak. Tiga event utama dilangsungkan untuk menyemarakkan acara tersebut, yaitu fun bike, sunatan massal, pesta budaya dan bazaar produk unggulan daerah. Kegiatan yang dibuka oleh Walikota Kediri di halaman Kantor Balaikota Kediri itu dilangsungkan selama dua hari, yaitu tanggal 21 dan 22 Oktober 2012, yang melibatkan tiga kecamatan dan 46 kelurahan di Kota Kediri. Selain itu, beberapa instansi terkait juga diminta turut berperan aktif mengikuti acara tersebut.

Perum BULOG Subdivre Kediri ikut berpartisipasi di acara bazaar produk unggulan daerah dengan membuka stand penjualan beras produksi UPGB Paron. Sebanyak tiga jenis beras dipasarkan oleh Perum BULOG Subdivre Kediri, yaitu Rojolele, Setra Ramos dan beras BULOGMart. Beras Setra Ramos dan beras BULOGMart setara kualitas premium II diproduksi oleh UPGB Paron Kediri, sedangkan beras Rojolele masih dipasok oleh mitra kerja UPGB Paron. Dalam kesempatan itu, Walikota Kediri beserta Ibu dan rombongan jajaran Pemkot Kediri juga berkenan meninjau stand BULOG (Gambar).

Harga jual beras untuk jenis Rojolele sebesar Rp. 8.100,-/kg sedangkan untuk Setra Ramos dan beras BULOGMart sebesar Rp. 7.300,-/kg, masing-masing dalam kemasan lima kilogram. Atensi pembeli yang hadir dalam acara tersebut sangat bagus karena harga jual beras yang cukup terjangkau masyarakat. Tercatat hampir 500 kg beras berbagai jenis yang terjual di stand BULOG.

Ini menunjukkan bahwa sesungguhnya beras komersial BULOG cukup mampu bersaing di pasaran umum dengan kualitas yang tetap prima dan harga yang kompetitif. Sebagaimana yang pernah disampaikan oleh Kadivre Jatim, Bapak Rito Angky Pratomo, bahwa kegiatan komersial BULOG akan menjadi tulang punggung perusahaan ke depan, mengingat alokasi Raskin yang selama ini menjadi tulang punggung BULOG dari tahun ke tahun akan semakin berkurang. Optimalisasi UPGB akan menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan kinerja komersial perusahaan ke depan.

Salah satu permasalahan yang perlu dipecahkan adalah mengenalkan masyarakat kepada produk-produk beras yang diproduksi oleh UPGB, mengingat minimnya outlet yang dimiliki BULOG. Pengembangan BULOGMart sebagai salah satu outlet beras komersial BULOG, keikutsertaan BULOG di berbagai ajang pameran dan bazaar, niscaya mampu mengenalkan dan mendekatkan beras-beras produksi BULOG kepada masyarakat.



Sumber: Subdivre Kediri