GCG Manual

Dalam menjalankan kegiatan usahanya, perusahaan telah berkomitmen untuk konsisten menerapkan prinsip-prinsip GCG secara optimal mengingat arti pentingnya penerapan GCG tersebut sebagai perangkat untuk meningkatkan kinerja dan akuntabilitas kepada para pemangku kepentingan. Berikut GCG Manual di Perum BULOG :

  1. Panduan Tata Kelola Perusahaan (Code Of Corporate Governance)

    Pedoman Tata Kelola Perusahaan ini disusun sebagai acuan bagi seluruh Insan Perusahaan dalam melaksanakan praktek Good Corporate Governance (GCG) dalam menjalankan aktivitas bisnisnya di Perum BULOG.
    Penerapan prinsip-prinsip GCG (Transparency, Accountability, Responsibility, Independency dan Fairness) bertujuan anatara lain :
    • Mengoptimalkan nilai perusahaan agar memiliki daya saing yang kuat, baik secara nasional maupun internasional, sehingga mampu mempertahankan keberadaannya dan hidup berkelanjutan untuk mencapai maksud dan tujuan perusahaan
    • Mendorong pengelolaan perusahaan secara profesional, efisien, memberdayakan fungsi dan meningkatkan kemandirian pengelola Organ Perusahaan
    • Mendorong Organ Perusahaan membuat keputusan dan menjalankan tindakan dilandasi nilai moral tinggi dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan serta kesadaran akan adanya tanggung jawab sosial perusahaan kepada Pemangku Kepentingan maupun kelestarian lingkungan di sekitar Perusahaan
    • Meningkatkan kontribusi Perusahaan dalam perekonomian nasional
    • Meningkatkan iklim yang kondusif bagi perkembangan investasi nasional
    Pedoman Tata Kelola Perusahaan ini mengatur tentang struktur tata kelola perusahaan (organ utama dan organ pendukung perusahaan), proses tata kelola, serta pengelolaan hubungan dengan pemangku kepentingan.

    > Download Dokumen Pedoman Corporate Governance di Lingkungan Perum BULOG
  2. Pedoman Perilaku (Code Of Conduct)

    Panduan Perilaku merupakan naskah yang memuat hal-hal yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan insan perusahaan atas dasar etika. Panduan ini bertujuan memberikan pedoman bagi insan perusahaan dalam melaksanakan tugasnya sehingga insan perusahaan memahami tanggung jawab pribadi secara profesional dan membuat pilihan yang benar serta berkomitmen untuk bertindak secara beretika.
    Dengan diberlakukannya Panduan Perilaku ini di lingkungan perusahaan, diharapkan kegiatan usaha perusahaan dapat dilaksanakan secara harmonis sesuai dengan asas-asas Good Corporate Governance (GCG) dalam upaya untuk mencapai visi dan misi perusahaan yang telah ditetapkan.

    > Download Dokumen Panduan Perilaku (Code Of Conduct) Perum BULOG
  3. Board Manual Perum BULOG

    Board Manual merupakan petunjuk tata laksana kerja Dewan Pengawas dan Direksi Perum BULOG yang menjelaskan tahapan aktivitas secara terstruktur, sistematis, mudah dipahami dapat dijalankan dengan konsisten sehingga dapat menjadi acuan bagi Dewan Pengawas dan Direksi dalam melaksanakan tugas masing-masing dalam mencapai Visi dan Misi Perusahaan.
    Board Manual ini dimaksudkan untuk menjelaskan hubungan kerja Dewan Pengawas dan Direksi dalam melaksankan tugas sesuai peran dan fungsinya, agar tercipta pengelolaan Perusahaan secara profesional, transparan dan efisien.
    Ruang lingkup Board Manual Perum BULOG meliputi Pendahuluan, Dewan Pengawas, Direksi, Hubungan Kerja Dewan Pengawas dan Direksi, serta Penggunaan waktu, sarana dan fasilitas perusahaan.

    > Download Dokumen Board Manual Perum BULOG