Assesment GCG

Untuk mengukur penerapan Good Corporate Governance (GCG) dan dalam rangka memenuhi kewajiban perusahaan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Negara BUMN No. PER-01/MBU/2011 tanggal 1 Agustus 2011 tentang Penerapan Tata Kelola Yang Baik (Good Corporate Governance) pada Badan Usaha Milik Negara, perusahaan wajib melaksanakan penilaian (assessment) penerapan GCG yang dilaksanakan secara berkala dua tahunan oleh Assessor Independen.

Pelaksanaan assessment penerapan GCG Perum BULOG dilakukan sebanyak 3 (tiga) kali sejak tahun 2005 sampai dengan tahun 2010 oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi DKI Jakarta. Tujuan assessment adalah untuk memperoleh gambaran mengenai kondisi penerapan GCG dikaitkan dengan best practice penerapan GCG serta mengidentifikasi area – area yang masih memerlukan upaya perbaikan/penyempurnaan

Metodologi assessment menggunakan parameter yang disepakati antara BPKP dan Kementerian BUMN yang mencakup pengukuran atas 5 (lima) aspek, meliputi Hak dan Tanggung Jawab Pemilik Modal/Rapat Pembahasan Bersama (RPB), Kebijakan GCG, Penerapan GCG, Pengungkapan Informasi (Disclosure) dan Komitmen. Pelaksanaan penilaian yang dilakukan oleh BPKP meliputi 3 (tiga) tahap pelaksanaan, yaitu :

  1. Tahap pendahuluan, mencakup pembicaraan pendahuluan, penyamaan persepsi antara Tim BPKP dengan Dewas, Direksi dan Tim Counterpart Perum BULOG serta melakukan survey awal dengan mengkaji peraturan, surat keputusan dan mengumpulan dokumen terkait penerapan tata kelola perusahaan.
  2. Tahap Pekerjaan Lapangan, melakukan kegiatan pengumpulan data dengan mereview dokumen yang telah dikumpulkan, penyebaran kuesioner dan melakukan wawancara terhadap Manajemen Kunci, Direksi, Dewas dan Kuasa Pemilik Modal. Selanjutnya dilakukan tabulasi data dengan mengolah, menganalisis serta memberikan skor sementara atas hasil kuesioner, wawancara dan review dokumen untuk merumuskan hasil simpulan sementara dan kemudian dilakukan pemaparan di hadapan Tim Counterpart, Direksi dan Dewas.
  3. Tahap Pelaporan, melakukan penyusunan laporan yang menunjukkan pencapaian penerapan GCG di Perum BULOG dan rekomendasi terhadap hal-hal yang masih memerlukan perbaikan (areas of improvement)

Hasil assessment penerapan GCG Perum BULOG menunjukkan peningkatan yang berarti dari tahun ke tahun. Pada tahun 2011, nilai asesment yang diperoleh Perum BULOG untuk periode tahun 2010 mencapai 77,48 dari skor maksimal 100 atau dalam klasifikasi “BAIK”. Skor capaian tersebut meningkat dibandingkan dengan skor tahun-tahun sebelumnya, seperti tersaji pada tabel berikut :