Assesment GCG

Untuk mengukur penerapan Good Corporate Governance (GCG) dan dalam rangka memenuhi kewajiban perusahaan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Negara BUMN No. PER-01/MBU/2011 tanggal 1 Agustus 2011 tentang Penerapan Tata Kelola Yang Baik (Good Corporate Governance) pada Badan Usaha Milik Negara, perusahaan wajib melaksanakan penilaian (assessment) penerapan GCG yang dilaksanakan secara berkala dua tahunan oleh Assessor Independen. Tujuan assessment adalah untuk memperoleh gambaran mengenai kondisi penerapan GCG yang dikaitkan dengan best practice penerapan GCG serta mengidentifikasi area - area pengurusan Perusahaan yang masih memerlukan upaya perbaikan/penyempurnaan (Area of Improvement).

Metodologi assessment menggunakan parameter yang tertuang dalam Keputusan Sekretaris Kementerian BUMN Nomor : SK-16/S.MBU/2012 tanggal 6 Juni 2012 tentang Indikator/Parameter Penilaian dan Evaluasi atas Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) pada BUMN. Penilaian penerapan GCG Perum BULOG (GCG Scorecard) meliputi 6 (enam) aspek pengujian pada 43 indikator dan terdiri dari 153 parameter dan 568 faktor uji. Aspek penilaian penerapan GCG Perum BULOG adalah sebagai berikut:

  1. Komitmen terhadap Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik secara berkelanjutan.
  2. Pemilik Modal dan Rapat Pembahasan Bersama (RPB)
  3. Dewan Pengawas
  4. Direksi
  5. Pengungkapan Informasi dan Transparasi
  6. Aspek lainnya.

Tujuan pelaksanaan Assessment Penerapan GCG Perum BULOG adalah sebagai berikut :

  1. Menguji dan menilai penerapan GCG di Perusahaan melalui elaborasi kondisi penerapan GCG dan dengan kondisi nyata yang diterapkan di Perum BULOG, melalui pemberian skor/nilai atas penerapan GCG dan kategori kualitas penerapan GCG;
  2. Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan penerapan GCG di Perum BULOG, serta mengusulkan rekomendasi perbaikan untuk mengurangi celah (gap) antara kriteria GCG dengan penerapan GCG;
  3. Memberikan rekomendasi penyempurnaan terhadap kesenjangan yang ditemukan dalam implementasi GCG di Perum BULOG sejalan dengan best practices;
  4. Memonitor konsistensi penerapan GCG di Perum BULOG dan memperoleh masukan untuk penyempurnaan dan pengembangan kebijakan GCG di lingkungan Perum BULOG.

Ruang lingkup pelaksanaan assessment penerapan GCG Perum BULOG meliputi berbagai tahap pelaksanaan, yaitu :

  1. Analisa Penilaian penerapan GCG terhadap dokumen- dokumen Perum BULOG dengan menggunakan metode Desk Study yaitu cara pengumpulan data dan informasi melalui pemeriksaan dan analisis data dan informasi yang menggunakan data sekunder, baik berupa dokumen-dokumen internal/eksternal Perusahaan, peraturan perundang-undangan yang terkait, serta laporan dan data statistik terkait lainnya;
  2. Wawancara dan Penyebaran Kuisioner kepada Organ dan Organ Pendukung Perusahaan (Direksi, Dewan Pengawas, Sekretaris Perusahaan, SPI, dan Pejabat terkait lainnya);
  3. Konsultasi dan reviu berkala hasil kerja Tim Ahli sebagai Assessor Independen penerapan GCG Perum BULOG;
  4. Pembahasan bersama hasil skoring sementara oleh Assessor Independen dengan tim Counterpart dari Perum BULOG;
  5. Pemaparan hasil penilaian Assessment oleh Assessor Independen;
  6. Penyusunan Laporan Hasil Assessment oleh Assessor Independen, meliputi :
    1. Disclaimer,
    2. Ringkasan Eksekutif,
    3. Kertas Kerja,
    4. Hasil Penilaian Assessment,
    5. Scoring,
    6. Daftar usulan Rekomendasi/Kerangka Kerja Implementasi.

Pelaksanaan Assessment penerapan GCG menjadi salah satu Key Performance Indikator (KPI) dalam Kontrak Manajemen Perusahaan, yaitu pada bagian perspektif kepemimpinan dalam bentuk pencapaian skor assessment GCG dengan target skor yang meningkat dari tahun ke tahun. Tingkat pencapaian skor penerapan GCG Perum BULOG menunjukkan peningkatan yang berarti dari tahun ke tahun, seperti terlihat pada tabel di bawah ini : SCOR GCG