Kedelai

Kedelai merupakan salah satu komoditas pangan yang rentan mengalami fluktuasi harga (volatile foods. Kenaikan harga kedelai sangat berdampak pada terjadinya inflasi. Oleh karenanya, kedelai dianggap sebagai komoditi strategis selain beras, karena dapat mempengaruhi stabilitas ekonomi nasional. Perum BULOG melakukan perdagangan kedelai baik yang bersumber DN maupun luar negeri untuk memenuhi jaminan suplai bahan baku kedelai bagi industri tahu tempe sehingga dapat menjaga stabilisasi harga kedelai Dalam Negeri.

Pembelian kedelai DN dilakukan di wilayah produsen, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur di musim puncak panen sekitar bulan Mei-September. Stok kedelai yang dimiliki Perum BULOG saat ini disimpan di gudang Perum BULOG yang tersebar di beberapa wilayah yaitu Aceh, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan NTB.

Pemasaran kedelai dilakukan melalui penjualan kepada pengrajin tahu tempe yang tergabung dalam GAPOKTI (Gabungan Koperasi Pengrajin Tahu Tempe se-Indonesia) yang tersebar di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat.