Ikan

Komoditas ikan merupakan komoditas yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Selain itu, ikan memiliki kandungan protein yang sangat baik bagi tubuh. BULOG sebagai perusahaan komoditas pangan, selain melakukan perdagangan bahan pangan utama (beras, gula, kedelai), juga melakukan perdagangan komoditas ikan. Komoditas ini memiliki nilai strategis dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan, karena dapat memberikan kontribusi finansial bagi perusahaan berupa laba usaha.

Sebagai usaha rintisan, perdagangan ikan baru dapat dilaksanakan di Perum BULOG Divre Kalimantan Timur (Tarakan). Jenis ikan yang diperdagangkan adalah ikan beku (bandeng).

Mengingat bisnis perdagangan ikan merupakan pengalaman baru bagi perusahaan (1 tahun rintisan), maka pola perdagangan akan dikembangkan secara bertahap dari jumlah kecil ke jumlah yang besar. Bertujuan agar secara perlahan dapat memahami dan menyesuaikan dengan common practise (bisnis yang berlaku) pada pasar ikan yang sesungguhnya. Pola perdagangan sementara adalah penjualan ikan beku langsung kepada pengguna dilakukan secara retail dan grosir. Kedepan, akan dikembangkan pola perdagangan antar Divre (dari Divre yang dekat dengan produsen ikan kepada Divre lain yang memiliki konsumen potensial).

Selain itu untuk pengembangan bisnis, sumber ikan yang sebelumnya hanya berasal Tarakan, akan dikembangkan melalui daerah lain. Daerah lain yang dimaksud adalah daerah Papua. Papua merupakan daerah penghasil ikan di Indonesia.