Title - Bulog Sulteng Sudah Beli Beras Petani 18.000 Ton

Bulog Sulteng Sudah Beli Beras Petani 18.000 Ton



Palu (ANTARA) - Perum Bulog Sulawesi Tengah hingga kini sudah membeli beras petani di daerah itu sebanyak 18.000 ton atau sekitar 90,01 persen dari target ditetapkan musim panen (MP) 2020 mencapai 20.000 ton.

Kepala Kantor Wilayah Perum Bulog Sulteng, Basirun di Palu, Selasa optimis dalam sisa waktu sebulan ini bisa merealisasi pembelian beras sesuai dengan prognosa yang ditetapkan. "Masih ada satu bulan, dan saya yakin target pengadaan dapat terealisasi 100 persen," katanya.

Bahkan, tidak tertutup kemungkinan penyerapan beras petani melebihi target, sebab di sejumlah daerah di Sulteng masih ada panen.

Selain menggandeng swasta sebagai mitra Bulog membeli beras petani, juga satgas Bulog turun langsung ke penggilingan padi untuk membeli beras baik kualitas medium maupun premium.

Khusus beras premium yang dibeli Bulog dijual ke pasaran cukup banyak diminati masyarakat, sebab kualitasnya tidak kalah dengan beras premium yang dijual para pedagang.

Dia juga menambahkan, Bulog Sulteng setiap tahunnya juga mengalokasikan cadangan beras pemerintah (CBP) yang biasanya dialokasikan untuk provinsi sebanyak 200 ton dan kabupaten/kota masing-masing 100 ton per tahunnya.

Sulteng setiap tahunnya sesuai data dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura setempat mengalami surplus beras berkisar 300 ribu-500 ribu ton.

Provinsi Sulteng sejak 1984 sudah swasembada beras. ***1***
(T.BK03/)

AddThis Social Bookmark Button