Title - Bulog Mimika Sediakan 330 Ton Untuk Program Bantuan Sosial Beras Dari Kemensos

Bulog Mimika Sediakan 330 Ton Untuk Program Bantuan Sosial Beras Dari Kemensos

SAPA (TIMIKA) - Usai Pemerintah Pusat yang diwakili Menteri Sosial Juliari Batubara resmi meluncurkan Bantuan Sosial Beras (BSB) untuk 10 juta Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) di Perum BULOG Kanwil DKI Jakarta-Banten, Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Rabu (2/9/2020) lalu.

Hari ini, Senin (5/10/2020), penyaluran Bantuan Sosial Beras (BSB) untuk Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) mulai dilakukan bagi masyarakat yang berhak menerima program tersebut di semua distrik yang ada di Mimika dan Kabupaten Puncak.

Dimana jumlah BSB yang akan disalurkan sebesar 15 kg per KPM selama tiga bulan periode Agustus sampai dengan Oktober 2020.

Sebagai penyedia komoditi beras, Bulog Timika menjelaskan pihaknya menyediakan stok sesuai permintaan dari Kementerian Sosial melalui Dinas Sosial Mimika sebanyak kurang lebih 330 ton untuk Mimika dan Puncak.

"Untuk Bansos ini, tugas dan tanggung jawab kami adalah sebagai penyedia komoditi. Jadi, yang menjadi leading sektornya sebenarnya Dinas Sosial," kata Kepala Kantor Seksi Logistik (Kansilog) Timika, Ariek Estyanto, Senin (5/10/2020).

Hanya saja, kata Eriek pihaknya diperintahkan dari Kementerian Sosial Pusat untuk menyediakan beras sejumlah 15 kilo Per KK untuk tiga bulan alokasi yakni Agustus, September dan Oktober.

"Beras yang kami sediakan untuk dua Kabupaten yaitu Mimika dan Puncak kurang lebih 330 ton sekian untuk tiga bulan alokasi itu," katanya.

Sehingga, penyalurannya adalah 45 kilo per KK. Namun itu tergantung teknisnya nanti akan di atur oleh pihak Dinas Sosial bersama dengan distrik-distrik penerima.

"Kalau kami tugasnya bahwa beras sudah lengkap di gudang kami sejumlah 330 ton, kami sudah siap. Untuk teknis penyaluran di lapangan nanti pengangkut yang lebih tahu," ungkapnya.

Ia menjelaskan, beras yang disiapkan oleh Bulog adalah medium dari Merauke.

"Beras di gudang kami sudah full beras Merauke. Sebelum penyaluran dilakukan kami melakukan pengecekan terlebih dahulu," ujarnya.

Proses pengaluran beras ini juga didampingi pihak Kodim 1710/Mimika mulai dari pengambilan beras di gudang Bulog Timika hingga nantinya disalurkan ke KPM. (Kristin)

AddThis Social Bookmark Button