Title - Stok Beras Aman, Bulog Aceh Siap Salurkan Beras Bpnt

Stok Beras Aman, Bulog Aceh Siap Salurkan Beras Bpnt

Rencongpost.com, Banda Aceh – Kepala Bulog Divre Aceh Sabaruddin Amrullah menyatakan siap menyalurkan beras untuk keluarga sejahtera atau penerima manfaat lewat skema Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Kebutuhan beras untuk keluarga penerima manfaat di wilayah kerja Bulog Aceh, yaitu hingga dengan alokasi Bulan Agustus 2019 adalah mencapai 18.609,25 ton atau setara dengan 93,41 persen, dari kuantum Surat Perintah Penyaluran Kemensos hingga alokasi Agustus 2019 berjumlah 19.921,39 ton.
Hal tersebut dikatakan Sabaruddin usai melakukan kunjungan Meuligoe Wakil Gubernur Aceh, Rabu (21/8) sore.
Dia mengatakan di gudang-gudang Bulog Aceh saat ini juga sudah menyiapkan cadangan beras pemerintah (CBP) untuk Bencana Alam dan untuk keadaan darurat hingga Agustus 2019 ini adalah sebanyak 32 ton atau sebesar 1,28 persen, dari 2.500 ton total pagu per tahunnya. Jumlah tersebut menurutnya relatif cukup aman.
“Realisasi Beras Operasi Pasar atau Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga sampai dengan tanggal 20 Agustus 2019 adalah sebanyak 3.083,54 ton dari target s.d Agustus 2019 adalah sebesar 23.475,20 ton atau setara dengan 13.14%,” katanya.
“Bulog Divre Aceh terus aktif meningkatkan penyerapan beras petani Aceh. Beras ini selanjutnya disalurkan untuk kegiatan pasar murah, program BPNT, serta kegiatan penyaluran dan distribusi beras lainnya,” ujar Sabaruddin.
Selain itu, sambung Sabaruddin, selama ini Perum Bulog juga turut berupaya menjaga stabilisasi harga beras di Aceh. Salah satu upaya menjaga stabilitas harga beras ini adalah dengan melakukan operasi pasar secara rutin dan terus menerus, di 23 kabupaten/kota se-Aceh hingga akhir Desember 2019.
“Saat ini, posisi stok beras Perum Bulog Divre Aceh sebanyak 24.837 ton atau setara dengan ketahanan stok selama lebih kurang 10 bulan ke depan,” kata Sabaruddin.
Sementara itu Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, mendukung Perum Bulog Divisi Regional Aceh sebagai penyedia komoditas Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT. Dukungan tersebut diberikan karena program BPNT berkaitan dengan upaya pemerintah menekan angka kemiskinan.
“Selama ini Pemerintah Aceh sangat fokus menanggulangi kemiskinan. Berbagai program dan kegiatan terus kami lakukan, terutama mengintervensi indikator-indikator kemiskinan. Oleh karena itu, kami tentu mendukung penuh Perum Bulog Divre Aceh sebagai penyedia komoditas BPNT,” ujar mantan anggota DPR RI periode 2009- 2014 itu.
Hendri



Rencong post com

AddThis Social Bookmark Button