Title - Bulog Harus Pastikan Mutu Berasnya

Bulog Harus Pastikan Mutu Berasnya

PERUM Bulog yang kini ditunjuk sebagai Manajer Penyediaan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) harus memastikan berasnya berkualitas baik agar bisa bersaing dengan pihak swasta.Transformasi dari skema Beras Sejahtera (Rastra) ke BPNT membuat Bulog tidak lagi menjadi pemasok utama beras dalam skema ini.
Peran Bulog dalam penyaluran beras semakin jauh berkurang karena suplai beras juga dapat diperoleh dari distributor lainnya.
Kementerian Sosial pada akhirnya menunjuk Bulog sebagai Manajer Penyediaan BPNT. Menteri Sosial Agus Gumiwang mengungkapkan, penunjukkan ini dilakukan untuk menyelamatkan stok beras Bulog yang berlimpah saat ini.
Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Galuh Octania mengatakan penunjukkan Bulog sebagai Manajer BPNT oleh Menteri Sosial harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Bulog.
"Selain perlu inovasi untuk meningkatkan dan menjaga kualitas berasnya, Bulog juga perlu memperkuat koordinasi dengan Kementerian Sosial terkait data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan juga proses penyalurannya," kata Galuh dalam keterangan tertulisnya pekan lalu.
Dia menambahkan penunjukkan ini juga diharapkan tidak membuat Bulog kehilangan fungsinya untuk menjaga kestabilan harga beras.
Dirut Bulog Budi Waseso sebelumnya sempat mengancam akan mundur bila program BPNT tidak melibatkan Perum Bulog. Seiring dengan dilibatkannya Bulog dalam mengelola beras program BPNT, Budi Waseso tidak jadi melanjutkan ancaman mundurnya.
Terkait kualitas beras yang disalurkan Bulog kepada program BPNT, ia memastikan kualitasnya yang baik. Bahkan ia akan menyuruh anak buahnya di Bulog untuk memakan sendiri beras yang berkutu atau berulat bila ditemukan ada yang akan disalurkan ke masyarakat.
"Saya tidak mau lagi ada penyaluran BPNT yang kualitasnya rendah. Hati-hati saya sampaikan pada jajaran saya kalau ada beras yang berkutu ada berulat saya suruh telan," ungkapnya.(Aiw/E-1)


MEDIA INDONESIA NEWS

AddThis Social Bookmark Button