Title - Bulog Divre Yogyakarta Pastikan Ketersedian Stok Pangan

Bulog Divre Yogyakarta Pastikan Ketersedian Stok Pangan

YOGYA, KRJOGJA.com - Bulog Divre Yogyakarta sudah siap dan berusaha menjaga ketersediaan pangan pokok di masyarakat dengan berbagai produk yang dimiliki Bulog seperti berasKita, Gula ManisKita, MinyakKita, DagingKita dan TeriguKita baik untuk Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) maupun stabilisasi harga sehari-hari. Hal ini mengingat dalam waktu satu bulan lagi akan memasuki bulan puasa dilanjutkan dengan Hari Raya Idul Fitri yang biasanya ditandai meningkatnya permintaan masyarakat.
Kepala Bulog Divre Yogyakarta Rini Andrida mengaku telah memastikan ketersediaan stok beras dari sisi hulu melalui pengadaan baik beras medium maupun komersil. Sedangkan dari sisi hilir penyalurannya untuk pemenuhan pasar maupun kegiatan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) sepanjang tahun.
"Bulog siap baik untuk HBKN maupun KPSH untuk semua komoditas terus dilakukan sehari-hari. Stok yang kami miliki sangat mencukupi karena perencanaan dan kesiapan sudah dilakukan berkaca dari pengalaman tahun lalu," ujarnya.
Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan Operasional dan Pelayanan Publik (POPP) Bulog Divre Yogyakarta Unggul Tri Sunu menambahkan, pihaknya sudah siap menghadapi HBKN khusus bulan Ramadan dan Lebaran 2019. Bulog sudah menyediakan stok beras 25.666 ton, gula pasir 5.317 Kg, minyak goreng 79.500 liter, daging 32 ton dan tepung terigu 9.000 ton. “Stok bahan pangan tersebut sudah disesuaikan dengan lonjakan permintaan atau konsumsi selama bulan puasa dan Lebaran," paparnya.
Unggul menjelaskan, dari sisi stabilisasi harga, pihaknya sudah rutin menggelar KPSH sebagai pengganti operasi pasar. Program KPSH tersebut terus dimassifkan dan bekerja sama dengan dinas maupun instansi terkait.
"Kita tidak usah menunggu momen Hari Besar Keagamaan sudah mengadakan KPSH setiap saat. Kita sudah punya jadwal ke sejumlah pasar atau di kantor kecamatan dan kelurahan, tetapi kalau diminta lebih massif kita akan perluas lagi," tandasnya.
(Ira)

AddThis Social Bookmark Button