Title - Bulog Jamin Rpk Di Wakatobi Jual Harga Sesuai Standar

Bulog Jamin Rpk Di Wakatobi Jual Harga Sesuai Standar

KENDARIPOS.CO.ID — Rumah Pangan Kita (RPK) yang merupakan mitra dari Gudang Bulog atau Gudang GBB Mandati III diharuskan menjual Sembako dari Bulog sesuai dengan harga standar. Hal ini untuk menekan harga di pasaran.
Setidaknya, RPK mitra Bulog telah ada di setiap kecamatan atau setiap pulau di Wakatobi. Selain gula pasir, ada beberapa komoditas yang juga disalurkan pihak Bulog untuk dijual ke masyarakat melalui RPK. Diantaranya, minyak goreng hingga tepung terigu.
“Harus menjual sesuai standar, kalau Bulog jual gula pasir dengan harga Rp 12.000 per kilogram maka di RPK harus menjual dengan harga yang sama. Begitu juga dengan minyak kelapa dan tepung terigu,” ungkap Kepala Gudang Bulog Mandati III, Hatar T.

Kata dia, minyak goreng juga demikian. Pihaknya menjual per liternya sebesar Rp 13.000. Artinya harga ini lebih rendah dibanding harga minyak goreng di pasaran. “Kalau minyak goreng kan merk sendiri jadi dijual dengan harga lebih murah. Kalau harga minyak goreng di pasaran kan tergantung merknya juga,” tambahnya.
Kendati demikian, Hatar menekankan agar penjualan di RPK tidak melampaui harga jual Bulog. Mengingat ada keuntungan tersendiri bagi penjual yang ditandai dengan spanduk di depan kios sebagai mitra Bulog ini.
“Mereka juga kita beri harga di bawah agar memiliki keuntungan. Supaya tidak menjual harga diatas standar. Itu tidak dibenarkan. Jadi, menjual dengan harga yang sama dengan Bulog,” tandasnya. (thy/b)


AddThis Social Bookmark Button