Title - Kansilog Wamena Siapkan 388,80 Ton Rastra

Kansilog Wamena Siapkan 388,80 Ton Rastra

WAMENA-Kepala Kantor Seksi Logistik Bulog (Kansilog) Wamena Ahmad Mustari mengaku telah menyiapkan 388,80 ton beras sejahtera (Rastra) setiap bulan di tahun 2019. Dimana untuk triwulan pertama penyalurannya diberikan 2 bulan sekaligus, terhitung bulan Januari dan Februari, Kansilog Wamena telah menyiapkan 777.6 ton.
Menurut Ahmad, penyaluran Rastra kepada masyarakat sudah dilakukan Pemkab Jayawijaya dimana untuk 388,80 ton beras ini dipersiapkan setiap bulan untuk 348 Kampung dan Kelurahan yang tersebar di 40 Distrik.
“Untuk Jayawijaya di tahun 2019, Pemerintah Jayawijaya meminta kepada Bulog untuk menyalurkan 2 bulan sekaligus Bansos Rastra, dimana satu bulannya 388,80 ton sehingga yang disiapkan untuk 2 bulan sekaligus itu ada 777,6 Ton ,”ungkapnya saat ditemui diruang kerjanya.
Ahmad Mustari menjelaskan untuk stok beras Rastra selama setahun itu, jika dikalikan jumlah tiap bulan 388,80 dengan 12 bulan itu, maka bulog harus menyiapkan 4665,6 Ton secara bertahap. Bulog ini hanya menyiapkan bantuan dari pemerintah pusat kepada masyarakat, tetapi untuk teknis pengaturannya dari pemerintah daerah melalui Dinas Sosial.
“Bansos Rastra ini bantuan dari kementerian sosial, ini murni bantuan dan bukan subsidi sehingga tidak dipungut biaya penebusan beras tersebut, sehingga harus benar –benar turun ke masyarakat.”jelasnya.
Kepala Kansilog kembali menegaskan, karena beras ini adalah murni bantuan dari kementerian maka tidak bisa diperjualbelikan. Pemerintah daerah bersama Polres Jayawijaya juga melakukan pengawasan terhadap penyaluran beras ini ke masyarakat.
“Pemerintah sudah bertindak tegas dengan melakukan pengawasan langsung, sehingga kalau ada yang mencoba melakukan penyelewengan beras Rastra ini akan ditindak, begitu juga dengan pedagang yang membeli beras itu dari masyarakat akan tetap ditindak tegas,”tegas Ahmad.
Masyarakat juga mendapat bantuan beras ini, kata Mustari, tidak dipungut biaya apapun alias gratis, sehingga jangan coba –coba untuk menjual bantuan tersebut. Untuk kabupaten lain semuanya telah disalurkan untuk jatah 1 bulan..
“Kita membawahi 7 Kabupaten, yakni Jayawijaya, Yalimo, Mamberamo Tengah, Lanny Jaya, Tolikara, Puncak Jaya dan Nduga,” katanya.
Ia menambahkan penyiapan stok beras ini setiap harinya terus masuk dengan dengan menggunakan penerbangan yang telah dilakukan kerjasama sehingga untuk bantuan Bansos rastra ini akan terus diberikan setiap bulan kepada masyarakat.(jo/tri)

AddThis Social Bookmark Button