Title - Perum Bulog Klaim Terapkan Pengelolaan Beras Dengan Baik

Perum Bulog Klaim Terapkan Pengelolaan Beras Dengan Baik


PERUM Bulog menegaskan dalam setiap pengadaan beras yang dilakukan, perseroan telah melalui berbagai prosedur ketat sesuai standar pengelolaan bahan pangan. Tidak hanya dalam pemasukannya, beras yang sudah tersimpan di dalam gudang juga terus dirawat dengan cara melakukan pengendalian hama, sanitasi dan aerasi gudang. Pengecekan kualitas beras juga dilakukan setiap dua minggu oleh petugas quality control.

"Dalam pengelolaan, kami juga melakuan mekanisme first in first out, yang lebih dulu datang akan lebih dulu keluar, untuk menghindari kerusakan," ujar Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog, Tri Wahyudi Saleh, kepada Media Indonesia, Kamis (7/2).

Namun, karena stok yang dikelola perseroan mencapai jutaan ton yang terdiri dari jutaan karung, ia melanjutkan, potensi terjadinya kerusakan pada beberapa produk yang disimpan tetap ada.

"Walaupun sudah dirawat dengan baik, masih ada kemungkinan terdapat beras yang berpotensi menurun kualitasnya. Beras adalah komoditi yang mudah rusak (Perishable) karena dalam setiap butiran masih ada unsur-unsur kimia seperti karbohidrat, air dan udara sehingga masih bisa mengalami perubahan fisiologis," jelasnya.

Sebelumnya, Tim Sergab TNI AD, pada akhir Januari lalu, menemukan sekitar 6.000 ton beras tidak laik konsumsi di gudang Bulog Sub Divre Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan.

Ribuan ton beras tersebut diduga merupakan beras pengadaan 2015 dan sebagian besar ditemukan dalam keadaan rusak, bau dan berkutu. (OL-6)

Sumber : http://m.mediaindonesia.com/read/detail/215514-perum-bulog-klaim-terapkan-pengelolaan-beras-dengan-baik

AddThis Social Bookmark Button