Title - Buwas Yakin Petani Bawang Merah Bisa Sejahtera, Setelah Dibangun Gudang Penyimpanan Dengan Sistem Cas

Buwas Yakin Petani Bawang Merah Bisa Sejahtera, Setelah Dibangun Gudang Penyimpanan Dengan Sistem Cas

Brebes, Idola 92.6 FM – Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso meresmikan pembangunan sarana penyimpanan bawang merah dengan Sistem Pengkondisian Udara atau Controlled Atmosphere Storage (CAS), di Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Rabu (4/7) kemarin.

Budi Waseso mengatakan pembangunan sarana penyimpanan bawang merah dengan CAS itu, untuk mengembangkan bisnis Bulog dan dalam rangka menstabilkan harga serta pasokan bawang merah di tingkat produsen dan konsumen.

Menurut Buwas, dengan sistem tersebut bawang merah bisa disimpan tiga sampai enam bulan lamanya dengan nilai susut maksimal 10 persen.

Dengan adanya sarana gudang penyimpanan bawang merah dengan CAS, jelas Buwas, diharapkan bisa menjadi nilai tambah bagi para stakeholder. Terutama adalah para petani bawang merah di Kabupaten Brebes.

Buwas menjelaskan, sarana penyimpanan CAS memang tepat dibangun di Brebes sebagai sentra produksi bawang merah nasional. Sehingga, setiap panen raya para petani tetap mendapatkan harga yang pantas dan tidak lagi anjlook.

“Bulog itu tujuannya bagaimana kita berpihak pada petani menyejahterakan petani, dengan menstabilkan stok produk bawang yang ada di Brebes. Sarana ini adalah untuk memertahankan kualitas maupun ketersediaan stok produk bawang. Pada akhirnya, kalau kualitas dan stok stabil maka akan ada kestabilan harga,” kata Buwas.
Lebih lanjut mantan kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) itu menjelaskan, dengan adanya sarana penyimpanan itu Bulog akan menyerap hasil produksi petani dengan harga yang memungkinkan bagi petani menanam kembali.

“Penyerapan ke pasar akan kita atur bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan,” tandasnya. (Bud)

AddThis Social Bookmark Button