Antisipasi Pangan Jelang Puasa, Mendag Hingga Menperin Kumpul Di Kantor Menko Darmin

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menggelar rapat koordinasi di kantornya. Turut hadir dalam rapat tersebut Menteri Perdagangan Enggartisto Lukita, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto serta Kepala Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Bulog) Djarot Kusumayakti.
Ditemui usai Rakor Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito mengatakan, rapat tersebut membahas mengenai persiapan bahan pangan dalam menyambut Ramadhan yang akan datang kurang dari tiga bulan lagi. Sehingga lanjut Enggar, pada puasa tahun ini seluruh harga dan stok pangan bisa terkendali seperti tahun lalu.
"Tadi persiapan puasa. Bagaimana supaya ini kita saya sampaikan juga untuk langkah-langkah pengendalian bahan pokok supaya seperti tahun 2017 terkendali," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (7/3/2018).
Enggar mengatakan, secara khusus dalam rapat tersebut juga membahas stok gula untuk persiapan puasa. Pasalnya, gula menjadi salah satu komoditas penting ketika bulan puasa datang.
"Termasuk gula dan sebagainya neraca gulanya dan sebagainya," ucapnya.
Enggar menambahkan, untuk memastikan stok gula aman pihaknya tengah mempersiapkan langkah-langkah. Termasuk langkah untuk membuka keran impor jika sewaktu-waktu ketersediaan gula menipis.
"Ya impor kalau diperlukan ya impor (gula konsumsi)," kata Enggar.
Sementara itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, dalam rapat tadi disampaikan agar stok gula betul-betul terjamin khususnya menjelang puasa. Sebab, permintaan gula konsumsi cukup besar sehingga supplay-nya harus benar-benar diperhatikan.
Meski begitu, Airlangga belum bisa membeberkan kebutuhan dan stok gula untuk buka puasa nanti. Pasalnya, hingga saat ini pihaknya bersama Kementerian lainya masih dalam tahap penghitungan.
"Karena supply and demand gula terutama gula konsumsi, belum karena tadi disampaikan masih ada stok dan suplai demand-nya lagi diatur, stok masih dihitung," jelasnya.
(rhs)

okezone.com

AddThis Social Bookmark Button