Jokowi Instruksikan Bulog Gelar Operasi Pasar

PRESIDEN Joko Widodo menginstruksikan Badan Urusan Logistik (Bulog) segera menggelar operasi pasar untuk menekan harga beras jelang bulan Ramadan. Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution usai bertemu Presiden di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (2/3).
"Kita memang ingin supaya harga berasnya turun. Sekarang masih terlalu tinggi. Kecenderungannya sekarang yang terjadi harga beras turun sedikit, harga gabahnya turunnya sedikit lebih cepat, kan nggak seimbang," ujar Darmin.
Selain itu, Darmin menambahkan, Jokowi juga meminta agar Bulog segera mempercepat distribusi beras sejahtera (rastra). Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat yang bakal meningkat jelang Ramadan dan Pilkada Serentak 2018. "Presiden juga meminta supaya distribusi Maret diperpcepat," ujarnya.
Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti mengatakan, pihaknya akan menyalurkan 400.000 ton rastra pada Maret mendatang. Bulog juga akan menggelar operasi pasar di seluruh Indonesia sesuai dengan arahan Jokowi.
"Sampai Maret ini kekurangannya 250.000 ton. Kemudian khusus April yang ditarik maju ini sekitar 150.000 ton. Selain itu, hari ini bicara gimana turunkan harga, jadi ditambah operasi pasar di seluruh Indonesia," ujarnya.(OL-3)

AddThis Social Bookmark Button