Title - Bulog Jamin Stok Beras Hingga Gula Aman

Bulog Jamin Stok Beras Hingga Gula Aman

Jakarta - Perum Bulog memastikan stok pangan di gudangnya aman hingga akhir tahun yang tinggal hitungan hari lagi. Pasokan tersebut mulai dari beras hingga gula.

Direktur Utama Bulog, Djarot Kusumayakti mengatakan bahwa pasokan beras, minyak, daging dan gula mencukupi jelang akhir tahun. Walaupun pada dasarnya dirasa ada tambahan konsumsi masyarakat.

"Beras, minyak, daging, gula itu mencukupi walaupun ada tambahan konsumsi di akhir tahun biasanya. Insya Allah aman," ucapnya saat berbincang dengan detikFinance, Jumat (29/12/2017).

Ia memaparkan, saat ini stok beras yang ada di gudangnya sekitar 985 ribu ton. Ia pun merasa dengan stok sebanyak itu akan mampu mencukupi kebutuhan khusus hingga akhir tahun.

"Beras ada 985.000 ton. Ini nggak ada masalah karena akhir tahun tinggal beberapa hari. Pasokan itu juga untuk ngejaga kalau ada pasar yang kurang kita siap isi," sambungnya.

Lantas, untuk pasokan daging impor ia mengatakan pihaknya masih memiliki sekitar 16.000 ton. Pasokan daging tersebut terdiri dari daging sapi dan daging kerbau.

"Daging ada 16.000 ton. Sebagian besar kerbau dari India dan sebagian kecilnya sapi dari Australia," imbuhnya.

Ia juga menilai bahwa pasokan daging ini dirasa cukup. Pasalnya, keperluan daging per bulan hanya sekitar 5-6 ribu ton serta ketika permintaan daging dinilai naik dua kali lipat.

"Saya kira cukup karena kalau kita lihat normal per bulan untuk keperluan daging sekitar 5-6 ribu ton. Sehingga kalau akhir tahun keperluan sampai dua kali pun cukup," kata Djarot.

Sama halnya untuk pasokan minyak dan gula yang dirasa cukup hingga akhir tahun. Untuk stok minyak masih tergolong aman, yakni 2 juta liter dan untuk gula, yaitu 400 ribu ton.

"Minyak kita aman. Di sini masih ada 2 juta liter dan untuk gula lebih dari cukup ya karena stand by 400.000 ton," pungkasnya. (ara/ara). Sumber: detikfinance.com

AddThis Social Bookmark Button