Undang Dirut Bulog, Menko Darmin Review Harga Dan Pasokan Pangan

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di Kantornya. Turut hadir dalam rapat tersebut Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti.
Ditemui usai Rakor,Menko Darmin mengatakan, tujuan dirinya menggelar rapat adalah untuk mereview mengenai perkembangan harga pangan. Selain itu, dirinya juga sempat membahas mengenai pasokan beberapa komoditi pangan.
"Kami review aja perkembangan soal harga pangan itu sebagian besarnya," ujarnya saat ditemui di Kantornya, Jumat (29/12/2017).
Menurut Darmin, harga pangan sejauh ini masih terkendali. Meskipun ada beberapa komoditas pangan yang mengalami kenaikan dan berada dibatas normal.
"Soal harga pangan itu sebagian besarnya itu ya berjalan dengan normal tapi ada yang sedikit lebih tinggi dari normalnya. Normalnya itu maksudnya beberapa bulan belakangan ini," jelasnya.
Dirinya mencontohkan, salah satu komoditi pangan yang mengalami kenaikan adalah telur. Selain itu, harga ayam juga mengalami sedikit kenaikan meskipun angkanya masih dibawah 1%.
"Iya itu (ada kenaikan seperti telur, ayam hingga beras) kami pastikan saja di akhir tahun ini, apa perlu ambil langkah-langkah atau tidak. Kelihatannya tdk ada yg ada khusus. Kami paling-paling lihat apakah rastranya perlu ditambah. Tentu saja kami haru mikir dalam dua hari ini," jelasnya.
Sementara untuk pasokan, Menko Darmin sejauh ini masih aman dan terkendali. Dirinya mengambil contoh pasokan beras, yang mana ada lebih dari 3 ribu ton beras perharinya yang ada di Pasar Induk Cipinang.
"Artinya kalau dilihat beberapa petunjuk seperti beras ke pasar induk cipinang itu masih normal. ada sedikit penurunan dari normalnya tapi masih di atas 3 rb ton sehari," jelasnya.
(rzy)

AddThis Social Bookmark Button