Waspada Banjir, Bulog Sigli Siapkan 200 Ton Beras Cbp

DALAM rangka mewaspadai bencana banjir di musim hujan saat ini , Sub Divre Bulog Sigli, Provinsi Aceh, sediakan 200 ton cadangan beras pemerintah (CBP) untuk Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya.
Persiapan itu dalam rangka menyikapi cuaca buruk, bencana banjir dan gempa bumi yang rawan terjadi di wilayah provinsi paling barat Indonesia itu.
Apalagi Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya, sekarang terus menerus diguyur
hujan dan mulai dilanda banjir. Stok beras tersebut sudah ada dalam gudang Bulog di Kampung Lhang Tijue Kabupaten Pidie dan gudang Bulog di Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya.
"Gabah beras itu siap disalurkan bila sewaktu-waktu terjadi bencana alam seperti banjir dan lainnya" kata Kepala Bulog Sub Divre Sigli yang meliputi Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya, Ruslian, pada Selasa (5/12).
Dikatakan Ruslian, pihaknya sekarang selalu memantau situasi terakhir di dua kabupaten wilayah tugasnya itu. Bahkan dia turun langsung ke lokasi-lokasi yang sering terendam dan luapan Sungai.
Amatan Media Indonesia, meskipun diguyur hujan deras dan sempat dilanda banjir ke kawasan permukan penduduk, belum ada warga yang mengungsi pada tempat-tempat darurat. Walaupun genagan air sempat merendam 20 cm-hingga 40 cm di beberapa lokasi, warga masih tetap bertahan di rumah atau pindah ke tempat famili mereka.
Hal itu belum sampai terjadi krisis bahan makanan atau barang pokok lainnya. Apalagi pasokan kebutuhan warga setempat masih normal.
"Kalau sempat terjadi pengungsian, Bulog Sigli siap melaksanakan tugas sesuai fungsinya. Namun untuk menyalurkan beras caganan, tentu menunggu permintaan Bupati, sesuai prosedur kerja sama. Kami harus waspada bila sewaktu-waktu terjadi kemungkinan buruk" tutur Ruslian. (OL-6)



AddThis Social Bookmark Button