Bulog: Stok Beras Di Ntt Tersedia Hingga 5 Bulan

Metrotvnews.com, Kupang: Perum Bulog Divisi Regional Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memastikan stok beras daerah itu mampu memenuhi kebutuhan warga provinsi berbasis kepulauan tersebut hingga lima bulan ke depan.
Kepala Bidang Operasional dan Pelayanan Publik Bulog NTT Minggus Foes mengatakan, saat ini Bulog NTT memiliki stok beras 26.792 ton yang tersebar di seluruh gudang milik Bulog di seluruh wilayah provinsi berbasis kepulauan itu.
Penyebaran beras tersebut dilakukan untuk memudahkan suplai beras saat kebutuhan daerah mulai meningkat. "Apalagi karena kondisi geografis provinsi yang berpulau-pulau ini," katanya, seperti dikutip dari Antara, di Kupang, Jumat 4 Agustus 2017.
Dari jumlah itu, untuk beras standar operasi atau berjenis medium 26.064 ton dan beras premium berjumlah 728 ton. Terhadap beras jenis medium, akan ada penambahan 21.594 ton. Selain memasok dari Jawa, Sulawesi dan NTB, Bulog juga berencana membeli beras milik petani di sejumlah daerah sentra pertanian provinsi kepulauan itu.
"Bulog sudah memiliki pemasok lokal yang biasa dijadikan sumber stok beras di NTT," tuturnya.
Dua jenis beras itu, untuk jenis medium akan dimanfaatkan kepentingan intervensi program beras sejahtera (rastra), sedangkan jenis premium akan dijadikan beras komersial. Terhadap beras komersial jenis premium itu, Bulog NTT mematok harga jualnya Rp9.000 per kg sampai Rp10.000 per kg. Tentunya harga itu jauh lebih murah dari harga pasaran saat ini.
Bulog memang memiliki misi untuk memberi pilihan bagi warga memenuhi kebutuhan internalnya dengan harga terjangkau. "Jadi tentunya harga jual beras lebih terjangkau dari harga jual di pasar-pasar tradisional yang ada," pungkasnya.
(ABD)

AddThis Social Bookmark Button