Harga Cabai Anjlok, Bulog Siap Serap Cabai Petani

Perum Bulog Divisi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung menyatakan siap turun untuk melakukan stabilisasi harga cabai menyusul anjloknya harga cabai dipasaran. Dari pantauan RRI dibeberapa pasar tradisional di Palembang, harga cabai yang sebelum hari raya Idul Fitri sempat menembus Rp60.000 per kg saat ini berada diharga Rp25.000 hingga Rp28.000 per kg.

Kepala Perum Bulog Divisi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, Bahtiar AS, mengungkapkan, pihaknya belum mengetahui pasti penyebab anjloknya harga cabai namun diduga semakin turunnya harga cabai dikarenakan faktor cuaca.

“Harga cabai ditingkat petani saat ini merosot mulai dari harga terendah Rp7000 per kg hingga harga tertinggi Rp16.000 per kg. Menurut bahtiar, Bulog dalam hal ini siap untuk melakukan pembelian langsung dari petani dan hanya tinggal menunggu instruksi dari pusat,” ujar Bahtiar di Palembang, Rabu (5/7/2017).

Diakui Bahtiar, stabilisasi harga pangan yang telah dimulai sejak jelang ramadhan tetap akan terus dilakukan untuk menjaga tingkat inflasi. Sebelumnya saat bulan ramadhan, harga bawang merah sempat anjlok dan Bulog melakukan pembelian langsung ke petani. Metode yang serupa pun siap dilakukan bila memang diperlukan.

(Rian Apridhani)

AddThis Social Bookmark Button