Sewa 20 Unit Lemari Es Raksasa, Bulog Siapkan Modal Rp 30 Miliar

Perum Bulog saat ini sedang gencar membantu pemerintah dalam menjaga kestabilan harga pangan. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menyerap sebanyak-banyaknya komoditas pangan yang diproduksi oleh petani.

Setelah itu, komoditas pangan tersebut di dalam sebuah lemari es raksasa. Tujuannya adalah agar tahan lama dan tetap fresh saat dikonsumsi.

Lemari es raksasa tersebut bernama Controlled Atmosphere Storage (CAS). Fungsinya untuk menjaga kondisi optimum bahan pangan dengan masa simpan hingga 6 bulan. Alat ini akan digunakan Bulog untuk menyimpan komoditas hortikultura seperti cabai dan bawang.
"Tempat yang saya siapkan di Brebes, karena di sana pusat bawang merah. Saya ingin harga di petani enggak naik-turun. CAS itu mampu menahan lama usia hortikultura, bawang merah, cabai, bawang putih," ungkap Direktur Utama Perum Perum Bulog, Djarot Kusumayakti, kepada kumparan (kumparan.com), Rabu (5/7).

Djarot menjelaskan Bulog saat ini baru mampu menyewa mesin CAS yang letaknya berada di Kudus, Jawa Tengah. Ke depan pihaknya berupaya untuk memiliki sendiri mesin CAS tersebut dan akan ditempatkan di Brebes, Jawa Tengah dan juga di Sumatera Barat

"Di kudus, sekaligus proses pembelajaran teknologinya (CAS), nanti selain Brebes, saya juga ingin bangun di Sumatera Barat, tapi kan butuh tanah (lahan yang dipakai)," terang Djarot.

Djarot menargetkan sekitar 300-400 ton produk hortikultura segar dapat disimpan melalui mesin CAS ini. Setiap unit mesin CAS menurut Djarot dapat menampung 16 ton produk hortikultura segar dengan nilai investasi Rp 1,5 miliar.

"16 ton/unit itu harga sekitar Rp 1,5 miliar, artinya kalau kita punya uang Rp 30 miliar dapat 20 unit. Ke depan saya ingin kapasitas 300-400 ton dapat terjaga, karena saya menjaga dari panen ke panen. Total investasi Rp 30-50 miliar lah kan itu gudangnya sangat besar sekali," pungkas Djarot.

Mesin CAS ini juga telah diluncurkan BUMD DKI Jakarta, PD Pasar Jaya untuk menyimpan berbagai bahan pangan segar, seperti daging, sayur mayur, dan buah-buahan agar terjaga kondisinya. Sebanyak 1 unit mesin CAS milik PD Pasar Jaya telah ditempatkan di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur.

AddThis Social Bookmark Button