Pilot Project Pengolahan Jagung Menjadi Pakan Ternak Kita

Jakarta (16/5). Sesuai penugasan dalam Rakortas 13 September 2016, Perum BULOG diberikan penugasan untuk melakukan impor jagung sebesar 200.000 ton untuk memenuhi kebutuhan jagung peternak UMKM. Hal ini bertujuan agar peternak UMKM memiliki akses bahan pakan yang murah yang pada akhirnya dapat menekan harga hasil produk peternakan.

Adapun permasalahan yang dihadapi oleh peternak UMKM adalah tidak memiliki sarana penyimpanan dan pengolahan jagung yang memadai, sehingga lebih memilih membeli pakan hasil olahan pabrik; Peternak UMKM memiliki keterbatasan dana untuk melakukan pembelian Jagung milik Perum BULOG secara tunai dan lebih banyak menggunakan jagung sebagai bahan tambahan konsentrat.

Permasalahan dalam bisnis unggas yang dihadapi para peternak di Indonesia saat ini adalah kondisi harga daging dan telur ayam di tingkat konsumen yang sangat fluktuatif sementara biaya produksi atau harga pokok produksi (HPP) relatif tetap bahkan cenderung terus meningkat sepanjang tahun; Biaya produksi yang paling tinggi adalah pembelian pakan ± 70% total biaya produksi, sedangkan komposisi Jagung dalam pakan ternak adalah sebesar 55%.

Untuk pencapaian tugas penyediaan pakan bagi peternak UMKM dan membantu alternatif solusi permasalahan atas kebutuhan pakan ternak bagi sebagian peternak UMKM, maka Perum BULOG berinisiatif untuk mengolah jagung menjadi pakan dengan memasuki industri pakan.

Hal ini juga mengacu pada dan PP No. 13 tahun 2016 Pasal 3 ayat (3) poin f tentang pengembangan industri berbasis pangan lainnya (selain beras) dan Perpres No. 48 tahun 2016 Pasal 3 ayat (1) poin e tentang pengembangan industri berbasis pangan.

Saat ini Perum BULOG belum memiliki pabrik pakan ternak sendiri dan belum memiliki jaringan distribusi pakan ternak. Untuk itu pada tahap awal, Perum BULOG akan bekerjasama dengan pihak ketiga yaitu CV. Cipta Cahaya Perwiratama (CV. CCP) untuk melaksanakan PILOT PROJECT kerjasama makloon pengolahan jagung menjadi pakan ternak di pabrik pakan yang seluruh hasilnya akan menjadi stok BULOG dan akan segera dilakukan penjualan kepada peternak mandiri dan/atau peternak UMKM.

Tujuan yang diharapkan adalah mengupayakan alternatif pengolahan jagung menjadi produk pakan sehingga peternak dapat menurunkan biaya produksinya dan secara tidak langsung sekaligus dapat mengkoreksi harga pakan yang beredar di pasaran.

Sasaran kegiatan pemenuhan kebutuhan pakan ternak adalah peternak mandiri dan/atau peternak UMKM baik untuk kebutuhan pakan ternak ayam broiler maupun pakan ternak ayam layer.

Diharapkan melalui kegiatan Pilot Project ini penyediaan jagung dan pakan ternak dapat memberikan nilai manfaat yang optimal bagi peternak UMKM serta membantu terciptanya kestabilan harga daging dan telur ayam di tingkat konsumen

AddThis Social Bookmark Button