ATM Beras Bakal Diterapkan Bulog

PERUM Badan Usaha Logistik (Bulog) terus menyempurnakan anjungan tunai mandiri (ATM) beras. Ke depan, direncanakan bisa diakses juga dengan beberapa kartu bank nasional.

Hal ini disampaikan Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Perum Bulog Imam Subowo, disela-sela Gebyar Expo Pangan 2017, yang digelar Perum Bulog di Smesco Tower, Jakarta, Selasa (9/5).

Satu mesin ATM beras dihadirkan dalam event tersebut yang berlangsung selama dua hari (9-10 Mei). Menurut Imam, mesin tersebut kerja sama ITB, LEN dan Perum Bulog. Pihaknya terus membenahi sistem yang ada di ATM beras tersebut.

"Saat ini sudah ada beberapa tapi menggunakan kartu khusus penerima rastra. ATM beras yang ada di pameran ini, bisa menggunakan KTP elektronik. Ke depan rencananya bisa bekerja sama dengan pihak perbankkan," ujar Imam.

Rastra adalah penerima beras sejahtera (rastra) yang dulu namanya beras untuk orang miskin (raskin).

Dirut Perum Bulog Djarot Kusumayakti dalam pembukaan Gebyar Expo Pangan 2017 mengatakan, pameran kali ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati ulang tahun ke-50 Bulog.

Perum Bulog, jelasnya, merupakan BUMN yang bergerak di bidang usaha logistik pangan pokok, mengemban tugas Pemerintah dalam pengamanan harga, pengelolaan cadangan pangan, pendistribusian pangan pokok beras dan pangan pokok lainnya.

Expo pangan yang dihadiri berbagai stakeholders pangan mulai dari penentu kebijakan, pelaku usaha dan industri pangan, BUMN/BUMD, perguruan tinggi, koperasi/UMKM dan asosiasi, bertujuan untuk lebih mendekatkan Bulog dengan seluruh stakeholders pangan.

"Terutama untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang fungsi dan peran Bulog selama perjalanan 50 tahun, serta visi yang ingin dicapai untuk menjadi perusahaan yang unggul dan tepercaya dalam mewujudkan kedaulatan pangan," tanda Djarot.


AddThis Social Bookmark Button