Harga Daging Rp80.000, Gula Rp12.500 Per Senin Depan

Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah mematok Harga Eceran Tertinggi (HET) bagi tiga komoditas yakni gula pasir, minyak goreng dan daging beku. HET sedianya akan ditetapkan pada Senin, 10 April 2017.

Dengan mulai diberlakukannya HET, maka masyarakat di seluruh Indonesia menikmati harga yang sama untuk tiga komoditas tersebut. Sebelumnya Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menargetkan bahwa menjelaskan HET bagi gula pasir Rp12.500 per kilogram (kg), minyak goreng Rp11.000 per kg dan daging beku Rp80.000 per kg.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) juga telah mempertemukan produsen dengan distributor gula untuk membuat kerjasama dalam menjaga harga kestabilan harga gula. Dalam pertemuan ini disepakati bahwa harga gula berada di level Rp12.500 per kilo gram (kg).

Setelah resmi diberlakukan pada 10 April nanti, penjual yang kedapatan menjual di atas harga tersebut maka diduga melakukan praktek kartel dan akan ditindaklanjuti oleh Kementerian Perdagangan bersama dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

“Kalau mereka ini, kan kita anggap bahwa mereka kartel harga dan akan kita periksa-periksa," terang Enggar belum lama ini.

"Kalau beberapa distributor dan produsen terindikasi berkomunikasi satu sama lain yang membuat harga tinggi, KPPU akan bertindak. Kami harap ceiling price bisa ditaati. Senin depan hasil pembicaraan dengan pasar ritel modern akan keluar," tukas dia.

(Ulfa Arieza)

AddThis Social Bookmark Button