Title - Harga Beras di Pasar Cipinang Masih Bertahan Tinggi

Harga Beras di Pasar Cipinang Masih Bertahan Tinggi

Harga beras di Pasar Induk Cipinang (PIC), Jakarta Timur, masih bertahan tinggi setelah mengalami kenaikan bertahap hingga Rp600 per kg untuk semua jenis beras pada akhir Desember lalu.

"Dibandingkan awal bulan Desember, kenaikan harga beras rata-rata Rp600 per kg dan masih bertahan hingga hari ini," kata Kepala Pusat Data PIC, Suminta, di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, pergerakan harga masih belum terjadi karena selama masa libur (tahun baru) tidak terjadi kegiatan jual beli yang mempengaruhi suplai dan permintaan.

Harga beras paling murah (jenis IR64-III) sejak tanggal 26 Desember 2007 masih bertahan pada harga Rp4.800 per kg, IR64-II Rp5.150 per kg dan IR64-I Rp5.400 per kg.

"Beras BULOG dalam rangka Operasi Stabilisasi Harga Besar (OSHB) sudah digelontorkan sebanyak 2.600 ton, kalau OSHB dilakukan secara terus menerus harga akan bisa turun sesuai target pemerintah Rp4.350 - Rp4.500 per kg untuk harga beras paling murah,"jelasnya.

Sementara itu, Suminta mengatakan pasokan beras ke PIC masih tergolong normal meski terjadi banjir di beberapa wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Pasokan beras ke PIC, Rabu, mencapai 2.500 ton. Sebagian besar pasokan berasal dari Jawa Barat (77 persen), Jawa Tengah (11 persen), dan Jawa Timur (5 persen).(eB)
(Sumber : Antara)

AddThis Social Bookmark Button