Harga Dan Persediaan Sembako Di Riau Masih Stabil

Harga dan persediaan sembilan bahan pokok (sembako) di Riau masih stabil menjelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Hal itu terungkap dalam rapat gabungan ketersediaan sembako menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri yang dipimpin Disperindag, Badan Ketahanan Pangan, dan Perum Bulog Divre Riau pada hari senin 3 September 2007.
Dari hasil pemantauan harga di beberapa pasar tradisional di Pekanbaru terjadi kenaikan beberapa komoditi, hal ini terjadi karena meningkatnya permintaan terutama untuk komoditi daging, minyak goreng, dan tepung terigu. Kenaikan tepung terigu perkilonya Rp. 200 dan untuk daging terjadi kenaikan dari Rp. 48.000 naik menjadi Rp. 50.000. Sedangkan untuk ayam potong juga terjadi kenaikan dari Rp.17.000 menjadi Rp18.000. Menurut Disperindag Pekanbaru bahwa belum bisa dikatakan tidak terkendali karena kenaikannya hanya ± Rp. 2.000 dan tidak mencapai 10%.
Khusus untuk harga beras masih stabil, yaitu beras kualitas medium yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat dengan harga Rp. 5.000 – Rp. 5.500 perKilogram. Sedangkan untuk beras kualitas super / premium berkisar Rp. 6.000 – Rp. 6.500 per Kilogram.
Stok Perum Bulog Divre Riau saat ini cukup yaitu sekitar 40 ribu ton beras. Untuk menghadapi bulan Ramadhan, beras untuk keluarga miskin juga akan disalurkan lebih cepat. Perum Bulog Divre Riau juga memiliki komitmen kuat untuk menjaga kestabilan harga dan persediaan beras.

Sumber : Kasi Gasar Divre Riau (Ly)

AddThis Social Bookmark Button