Indonesia Siap Hadapi Krisis Pangan Global

Pemerintah Indonesia bertekat memperkuat ketahanan pangan nasional dalam rangka menghadapi krisis pangan dunia dengan memperkuat jaringan irigasi.

"Saya sudah menginstruksikan kepada seluruh Kepala Balai Wilayah Sungai untuk berperan aktif dalam mengoperasikan dan memelihara (O&P) prasarana irigasi yang sudah ada," kata Dirjen Sumber Daya Air Departemen PU Iwan Nusyirwan Diar di Jakarta, Rabu.

Menurut Iwan, Indonesia merupakan penyumbang ketiga masalah perubahan iklim di dunia. Oleh karena itu perlu dilakukan workthrough (penelusuran) rutin dari pelaksanaan prasarana O&P bidang sumber daya air.

Iwan mengatakan, perlunya perhatian khusus isu-isu perubahan iklim yang juga merupakan masalah dunia.

Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Departemen Dalam Negeri, Syamsul Arifin, mengatakan, program pengembangan prasarana SDA merupakan hal strategis untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

"Dalam pelaksanaannya, ketersediaan air saja tidaklah cukup, harus didukung oleh prasarana sumber daya air di bidang O&P. Fasilitasi kegiatan prasarana sumber daya air juga tetap dilakukan melalui kegiatan tugas pembantuan," jelasnya.

Lebih lanjut Syamsul Arifin menjelaskan, salah satu hal yang masih menjadi kendala adalah kemampuan sumber daya manusia dalam hal pelaksanaan, supervisi hingga pelaporan.

Di bidang O&P prasarana sumber daya air disepakati bahwa ke depannya diperlukan pedoman tata cara, penelusuran jaringan irigasi dan rawa dalam rangka pelaksanaan inventarisasi dan penelusuran jaringan.(eB)
(Sumber:Antara)

AddThis Social Bookmark Button